Senin, 28 Februari 2011

Definisi Pembelajaran

Dalam konteks ilmu pembelajaran; Pembelajaran didefinisikan sebagai upaya untuk membelajarakan peserta didik. Terkandung makna bahwa dalam pembelajaran ada kegiatan memilih, menerapkan, dan mengembangkan metode optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Kegiatan dalam memilih, menetapkan, dan mengembangkan inilah yang sebenarnya merupakan kegiatan inti pembelajaran.

Strategi penyampaian isi pembelajaran mengacu kepada cara-cara yang dipakai untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan sekaligus untuk menerima serta merespon masukan-masukan dari peserta didik.

Metode pembelajaran diacukan sebagai cara-cara yang digunakan dalam kondisi tertentu untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

Strategi pembelajaran diacukan sebagai penataan cara-cara (metode) pembelajaran, sehingga terwujud suatu urutan langkah prosedural yang dapat dipakai untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dalam konteks ilmu pembelajaran; Metode dan strategi pembelajaran sering digunakan secara bergantian untuk menjelaskan makna yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar