Sabtu, 19 Maret 2011

INDIKATOR PENGAMATAN PADA PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME

PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

1. Kontruktivis (Constructivism)
•Apakah siswa membangun sendiri pemamahaman?
•Apakah siswa mengembangkan pemahaman melalui belajar bermakna?
2. Inkuiri (Inquiry)
•Apakah diawali pengamatan menuju pemamahaman konsep?
•Sesuaikah siklus: Amati-tanya-analisa-rumuskan?
•Adakah pengembangan dengan menggunakan keterampilan berpikir kritis?
3. Bertanya (Questioning)
•Apakah untuk mendorong-membimbing-menilai siswa?
•Dalam kegiatan berbasis inkuiri apakah dipakai siswa?
4. Masyarakat Belajar (Learning Community)
•Terciptakah kegiatan berbicara-berbagi pengalaman?
•Terjadikah kerjasama dalam kegiatan pembelajaran?
5. Pemodelan (Modeling)
•Apakah model dari hasil pemikiran mendalam?
•Apakah didemonstrasikan bagaimana seharusnya siswa belajar?
•Apakah dicontohkan apa yang seharusnya ditiru oleh siswa?
6. Refleksi (Reflection)
•Adakah umpan balik/memikirkan tentang apa yang dipelajari?
•Terdapatkah proses review-respon kejadian-pengalaman?
•Adakah catatan siswa dari apa yang dipelajarai dan menemukan ide-ide baru?
•Variatifkah penggunaan sumber ide-ide baru, seperti jurnal, poster, hasil diskusi?
5. Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
•Apakah terukur aspek pengetahuan dan aspek keterampilan?
•Apakah penerapan pengetahuan dan keterampilan diperlukan?
•Terdapatkah penilaian produk dan kinerja?
•Adakah tugas kontekstual dan relevan?
•Apakah terdapat/terukur penilaian produk dan proses?

PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Adakah tujuan pembelajaran?
Apakah siswa termotivasi?
Adakah bahan ajar/masalah/LKS?
Adakah pengelompokan siswa?
Adakah langkah-langakah pembelajaran sesuai type pada pembelajaran kooperatif?
Apakah guru membimbing kelompok-kelompok kooperatif?
Terdapatkah nilai-nilai kooperatif?
Terjadikah penilaian proses?
Terukurkah penilaian individual maupun kelompok?
Adakah penghargaan kelompok?
Terciptakah sikap positif siswa?

PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN

Bagaimanakah bentuk tugas yang diberikan?
Apa yang dikerjakan siswa untuk melakukan tugas tersebut?
Kemampuan apa yang dikembangkan melalui tugas tersebut?
Bagaimana bentuk pertanyaan yang diberikan dalam tugas tersebut?
Jenis pertanyaan apa saja yang diajukan guru kepada siswa dalam pembelajaran?
Sejauh mana guru memperhatikan perbedaan siswa?
Apa yang dilakukan oleh siswa selama mengerjakan tugas?
Sejauh mana siswa diberi kesempatan untuk menanggapi kegiatan belajar yang telah dilakukan?
Apa yang dilakukan siswa pada saat belajar kelompok, individu, berpasangan, atau klaiskal?
Pada saat ada kerja kelompok, berapa jumlah anggota kelompok?
Apakah semua siswa terlibat dalam kegiatan kelompok?
Apa yang dilakukan guru selama siswa mengerjakan tugas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar